Selamat membaca
REGISTRY
semoga bermanfaat

About Sand

Bahagia menjadi butiran pasir. Kumpulannya bisa menjadi hamparan pasir nan elok. Memancarkan kerlap-kerlip kala matahari menyapanya. Berenang dengan lihai kala air laut menyentuhnya.

Particle

REGISTRY

REGISTRY

1. Pengertian Registry
Registry adalah sebuah database yang digunakan untuk menyimpan settingan dan option pada Ms. Windows versi 32 bit, yang meliputi informasi dan settingan untuk semua perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), user, dan preferensi lainnya. Kapanpun user membuat perubahan pada control panel, file association maupun semua software yang telah terinstal, perubahan tersebut akan masuk atau disimpan dalam registry ( Fredi, 2009). Sedangkan, menurut Microsoft dalam situsnya http://support.Microsoft.com/, pengertian registry adalah pusat susunan database yang di gunakan windows 9x ke atas untuk menyimpan informasi ataupun mengkonfigurasi aplikasi, perangkat keras, dan sejumlah pengguna.
Mungkin untuk lebih jelasnya, contoh langsung dari registry adalah saat kita melihat icon pada desktop yang lazimnya tertulis “recycle bin” ternyata tulisannya berubah menjadi “tempat sampah”, atau pada petunjuk jam yang lazimnya tertulis 10:00 Am, tetapi tertulis 10:00 pagi, atau Anda juga pernah mendapatkan sebuah tampilan desktop tanpa icon satu pun.
Dengan demikian registry dapat dengan leluasa melakukan pengaturan pada windows, baik itu pada desktop, tampilan awal, atau start menu. Juga untuk mengubah cara kerja aplikasi tertentu, mengubah efek visual atau icon, dan masih banyak lagi fungsi-fungsi lainnya termasuk melakukan cheat ketika bermain games.

2. Perkembangan Registry
Registry, pertama kali diperkenalkan di dalam sistem Windows 16-bit sebagai penampung informasi mengenai pemetaan/asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya, dan kemudian dikembangkan menjadi basis data dengan cakupan yang luas pada sistem-sistem operasi keluarga Windows NT. Registry juga kemudian digunakan pada sistem operasi kelas rumahan: Windows 95, Windows 98 dan Windows ME, tapi memang implementasi yang cukup bagus dari registry terdapat di dalam keluarga sistem operasi Windows NT.

 Registry dalam Windows 16-Bit
dimulai pada Windows 3.x, berguna hanya untuk menyimpan asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya, serta asosiasi objek OLE di dalam dokumen dengan aplikasinya. Akan tetapi, asosiasi ekstensi berkas dan objek OLE hanya memakan satu anak pohon (subtree) saja, yakni di dalam HKEY_CLASSES_ROOT.

 Registry dalam Windows NT
Registry dalam Windows NT, Windows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003 terbagi secara logis ke dalam lima buah anak pohon (subtree), yang setiap pohon tersebut mengandung kumpulan kunci (key) dan anak kunci (subkey) yang disusun secara hierarkis. Berikut adalah key beserta class member dan fungsinya.
member Fungsi Key yang terhubung
ClassesRoot Menyimpan informasi tentang type dan class serta propertinya HKEY_CLASSES_ROOT
CurrentUser Menyimpan informasi mengenai preferensi pemakai HKEY_CURRENT_USER
LocalMachine Menyimpan informasi konfigurasi dari mesin local HKEY_LOCAL_MACHINE
Users Menyimpan informasi mengenai konfigurasi default pemakai HKEY_USERS
CurrentConfig Menyimpan informasi hardware yang tidak spesifik pemakai HKEY_CURRENT_CONFIG

 Registry dalam Windows 9x
Dalam sistem operasi Windows 95, Windows 98, dan Windows Millennium Edition, struktur registry secara logis sama dengan struktur registry dalam Windows NT, tapi tidak kompatibel secara fisik. Dalam sistem operasi ini terdapat sebuah anak pohon tambahan, yakni HKEY_DYN_DATA yang dibuat secara dinamis dan digunakan untuk mengukur performa serta melakukan konfigurasi perangkat keras Plug and Play.
Catatan:
• untuk menjalankan registry bisa dengan menuliskan regidit pada menu run
• HKEY di dalam registry Windows, merupakan singkatan terhadap kata "Handle to Key" (Wikipedia bahasa Indonesia, 2010).
3. Bagian Registry
Pada Windows XP, registry di bagi dalam 6 bagian. Berbeda dengan Windows versi sebelumnya (Windows NT/2000) yang hanya terbagi atas 5 bagian. Bagian-bagian ini selalu di mulai dengan nama HKEY (root keys) atau kunci dasar atau kunci tingkat atas (top-level keys). Adapun bagian pokok dari registry adalah sebagai berikut :

1. HKEY_CLASSES_ROOT
2. HKEY_CURRENT_USER
3. HKEY_LOCAL_MACHINE
4. HKEY_USERS
5. HKEY_CURRENT_CONFIG
6. HKEY_DYN_DATA
Setiap kunci akar mempunyai anak kunci (sub-keys) dan setiap anak kunci masih mempunyai pembagian anak kunci-anak kunci lagi. Peringkat kunci terbawah sekali dari cabang ini adalah nilai (value). Kunci dan nilai, keduanya memiliki data, di mana data memiliki nilai biner (binary) atau string ASCII.
3.1. HKEY_CLASSES_ROOT
HKEY_CLASSES_ROOT adalah bagian paling utama pada registry. Bagian ini merupakan kumpulan yang mengepalai kunci akar. Windows menggunakan kumpulan ini untuk mengurus semua jenis file. Sebagai contoh, tempat di mana jenis file BMP di kenal pasti dan akan di buka dengan program Windows “Paint”. Karena banyaknya file yang berlainan jenis, daftar kunci di bawah HKEY_CLASSES_ROOT akan kelihatan begitu panjang. Jika Anda memasang program baru, daftar ini akan menjadi semakin panjang.
3.2. HKEY_CURRENT_USER
HKEY_CURRENT_USER merupakan tempat untuk menyimpan pengaturan tentang pengguna yang sedang mengoperasikan computer. HKEY_CURRENT_USER adalah nama lain (alias) bagi HKEY_USERS. Jika pengguna sekarang mengubah sesuatu seperti wallpaper, misalnya, atau program akan menyimpan terlebih dahulu pengaturan tersebut di bawah HKEY_CURRENT_USER. Setelah pengguna sekarang log-off dari computer, windows akan menyimpan semua konfigurasi tadi ke dalam profil di bawah HKEY_USERS secara permanent. Tujuannya ialah untuk memastikan setiap perubahan yang di lakukan hanya akan memberi kesan pada pengguna sekarang saja dan tidak pada setting bagi pengguna-pengguna lain.
3.3. HKEY_LOCAL_MACHINE
HKEY_LOCAL_MACHINE mengandung semua pengaturan tentang hardware yang di pasang. Semua pengaturan yang tersimpan adalah untuk semua pengguna.
3.4. HKEY_USERS
HKEY_USERS memiliki semua data pengaturan pengguna computer. Pengaturan setiap pengguna (jika Anda memasang lebih dari satu pengguna) akan di simpan dalam profil masing-masing. Profil-profil ini memiliki perbedaan pengaturan pada wallpaper, sound, warna yang di gunakan, screen saver, dan lain-lain.
3.5. HKEY_CURRENT_CONFIG
HKEY_CURRENT_CONFIG adalah nama lain (alias) bagi HKEY_LOCAL_MACHINE>Config>nnnn. Nnnn adalah nomor profil yang mengandung profil hardware yang di pasang. Setiap profil mempunyai kunci tersendiri yang di panggil 0001, 0002, dan sebagainya, berdasarkan di mana kita menyimpan konfigurasi profil.
3.6. HKEY_DYN_DATA
HKEY_DYN_DATA (tidak terdapat dalam windows NT/2000/XP) berfungsi sedikit berbeda dengan kunci-kunci yang lain. Kunci ini adalah salinan sementara yang di perlukan supaya windows dapat mengakses data registry dengan cepat. Ia dibuat pada waktu komputer di hidupkan (boot) dan akan di singkirkan setelah computer di matikan (shutdown). Terdapat 2 anak kunci yang terdapat di bawahnya yaitu Config Manager yang meyimpan pengaturan konfigurasi hardware seperti yang dapat di lihat pada Plug-and-Play Configuration Manager. Anak kunci yang satu lagi di panggil perf-Stats yang mengandung pengaturan tentang komponen network (farinsystem.com, 2009).

DAFTAR RUJUKAN

Fredi. 2009. Pengertian Registry, (online), (http://www.fredisblog.com, diakses 8 Februari 2010).
Wikipedia bahasa indonesia. 2010. Windows Registry, (online), (http://id.wikipedia.org/wiki, diakses 9 Februari 2010).
Farinsystem. 2009. Sekilas tentang Registry, (online), (http://www.farinsystem.com, diakses 9 Februari 2010).

-By: Ien-

0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Me, at


Universitas Negeri Malang

Wind...

"terbiasa untuk saling memberi sapa hangat kala mata terlelap...terbiasa untuk saling memberi sapa semangat kala mata terbuka".
- Rindu -

Me Writing at

Tick - Tack

Wanna Join Me?

Say Some Words...

Template Oleh seo