Selamat membaca
PERLUASAN JARINGAN INTERNET KE DAERAH PEDESAAN
semoga bermanfaat

About Sand

Bahagia menjadi butiran pasir. Kumpulannya bisa menjadi hamparan pasir nan elok. Memancarkan kerlap-kerlip kala matahari menyapanya. Berenang dengan lihai kala air laut menyentuhnya.

Particle

PERLUASAN JARINGAN INTERNET KE DAERAH PEDESAAN

PERLUASAN JARINGAN INTERNET KE DAERAH PEDESAAN

PERLUASAN JARINGAN INTERNET
KE DAERAH PEDESAAN

MAKALAH
Untuk Memenuhi Tugas Akhir Matakuliah
Bahasa Indonesia Keilmuan
yang Dibina oleh Ibu Dra. Noorliana, M.Pd.

Oleh
Indah Tri Utami (108533411093)
Gita Rehuellah Suherman (108533414469)
Yustyan Okta Diansyah (108533411100)

UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA
Desember 2009


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Internet merupakan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Jaringan ini luas karena tersebar ke jutaan komputer di seluruh dunia dan siapa pun dapat terhubung ke dalamnya. Jaringan ini melibatkan komputer server (pengelola) dan komputer client (pengguna/pengakses).
Sejarah internet pertama dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun1969 melalui proyek APRA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency). Tujuan awal pembentukannya adalah untuk keperluan militer yaitu mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat yang apabila terjadi perang dapat dengan mudah dihancurkan (Tomlinson, 2009).
Internet mulai merambah ke negara-negara tetangga dan ke negara-negara maju yang kemudian terus mengalami perkembangan hingga akhirnya saat ini mencakup negara-negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Fakta di Indonesia bahwa di daerah perkotaan terutama di kota-kota pendidkan, internet merupakan hal yang tidak asing lagi bahkan sudah menjadi kebutuhan baik bagi mahasiswa maupun masyarakat sekitar. Pendidikan teknologi informasi yang didapat, lingkungan, maupun sebuah tuntutan menjadikan internet sebagai hal yang sangat penting dan dekat dengan masyarakat perkotaan.
Lain halnya dengan daerah perkotaan, di daerah pedesaan internet jarang ditemui, bahkan ada beberapa daerah yang belum mengenal internet. Daerah terpencil atau daerah yang sulit dijangkau oleh alat transportasi termasuk kedalamnya. Masyarakat pedesaan sulit mendapatkan informasi dari dunia luar karena informasi terbaru butuh waktu lama untuk bisa diterima.
Pemerintah menargetkan akhir 2008, seluruh wilayah Indonesia sudah tersambung dalam jaringan Information Communication Technology (ICT), yang dapat digunakan untuk pengembangan pendidikan, kesehatan, dan ekonomi (Denpasar-Media dalam Pramono, 2008).
Menkominfo Mohammad Nuh (2007) menyatakan, “Pengembangan jaringan ICT di seluruh wilayah Indonesia akan diutamakan pada daerah-daerah yang kini belum memiliki jaringan ICT, kita targetkan akhir 2008 atau paling lambat triwulan pertama 2009 daerah-daerah yang belum itu sudah tersambung jaringan ICT.”
Untuk merealisasikan keberadaan internet di daerah pedesaan, berbagai upaya perlu dilakukan. Namun dalam prosesnya, semua itu tak lepas dari kendala-kendala yang dihadapi. Hal inilah yang menjadi latar belakang dari judul makalah yang diambil, yaitu “Perluasan Jaringan Interner ke Daerah Pedesaan”.

1.2 Rumusan Masalah :
1. Mengapa jaringan internet perlu diperluas ke daerah pedesaan?
2. Bagaimanakah langkah-langkah untuk memperluas jaringan internet ke daerah pedesaan?
3. Apakah kendala-kendala yang dihadapi dalam upaya memperluas jaringan internet ke daerah pedesaan beserta solusinya?

1.3 Tujuan :
1. Memaparkan pentingnya jaringan internet bagi masyarakat pedesaan
2. Menjelaskan langkah-langkah untuk memperluas jaringan internet ke daerah pedesaan
3. Memaparkan kendala-kendala yang dihadapi beserta solusi dalam memperluas jaringan internet ke daerah pedesaan


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pentingnya Perluasan Jaringan Internet ke Daerah Pedesaan
Internet merupakan sebuah inovasi untuk mengolah informasi dan mendistribusikannya secara cepat. Memasuki era globalisasi yang bisa juga disebut dunia tanpa batas, informasi menjadi hal yang penting bahkan menjadi sebuah kebutuhan dalam menjalani hidup.
Dengan masuknya internet ke daerah pedesaan, maka mayarakat dapat dengan cepat dan mudah mengakses informasi. Masyarakat tidak lagi menunggu informasi yang datang dari mulut ke mulut, karena akan memakan waktu lama dan kurang akurat mengingat media penyimpanannya adalah otak manusia.
Daerah pedesaan juga sudah mengenal media massa seperti koran, majalah dan media elektronik seperti radio, televisi yang juga merupakan media penyampaian informasi. Akan tetapi dari media tersebut masyarakat menjadi pasif karena menerima informasi yang sudah disediakan media, sedangkan dengan internet mayarakat menjadi aktif karena bisa menentukan, mencari, kemudian mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan.
Orang yang mengakses atau menggunakan internet disebut user. Apabila ingin mencari informasi tertentu, user tinggal memasukkan kata kunci dalam search engine (seperti Google.com, Yahoo.com, Alltheweb.com, Wisenut.com, dan sebagainya), maka berbagai informasi yang mengandung kata kunci tersebut akan muncul dalam berbagai bentuk tulisan dalam file .htm dan dapat diunduh atau didowmload kemudian dibuka dengan file tertentu (.doc, .docx, .pdf untuk bentuk Microsoft Word, .ppt untuk bentuk Microsoft Power Point atau tetap berbentuk .htm).
Masyarakat pada umumnya dan pelajar pada khususnya merupakan sasaran internet masuk pedesaan. Pelajar membutuhkan informasi dari luar untuk sekedar tambahan bahan pelajaran, atau informasi tentang berbagai kompetisi akademik yang diadakan sekolah lain, universitas, maupun pemerintah. Informasi tentang universitas yang menjadi dambaan, bahkan pendaftaran universitas juga bisa dilakukan secara online. Masyarakat juga bisa melakukan transaksi jual beli melalui internet, mengisi lamaran pekerjaan di sebuah perusahaan, mengirim berkas-berkas lamaran pekerjaan juga bisa secara online meskipun tidak semua perusahaan menyediakan layanan tersebut. Disini manfaat internet adalah untuk mempermudah mengakses layanan umum.
Manfaat internet yang lain adalah kemudahan dalam berkomunikasi. Hal yang menjadi favorit remaja saat ini adalah situs pertemanan. Internet menyediakan situs facebook, friendster, twitter, yahoo messanger untuk memudahkan dalam berkomunikasi. Jarak tidak lagi menjadi masalah dalam berkomunikasi, meski sudah ada handphone dan telepon namun internet menyediakan layanan lebih, yaitu chatting, layar tatap muka, mengirim pesan, mengirim gambar, dan masih akan ada inovasi dan aplikasi baru untuk situs ini.

2. 2 Langkah-langkah untuk Memperluas Jaringan Internet ke Daerah Pedesaan
Kemajuan teknologi merupakan sebuah tuntutan untuk memajukan masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhannya dalam memperoleh informasi yang cepat, yaitu dengan mengadakan jaringan internet termasuk ke daerah pedesaaan. Untuk melaksanakan program ini dibutuhkan biaya, waktu dan juga resiko yang tidak sedikit. Untuk itu ,perlu dipikirkan dan diperhitungkan secara matang.
Program ini dapat terealisasi dengan adanya kerjasama antara berbagai pihak, antara lain pemerintah pusat, pemerintah daerah dan juga operator atau perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ICT (Information Communication Technology).
2.2.1 Langkah-Langkah yang Dilakukan Pemerintah Pusat
Pemerintah pusat melakukan berbagai langkah antara lain:
• memfasilitasi bertemunya para operator atau perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ICT
• memberikan himbauan kepada operator agar tidak melakukan intervensi atas penyediaan infrastruktur ICT
• memberikan izin kepada operator untuk menyediakan infrastruktur ICT (Pramono, 2008).
2.2.2 Langkah-Langkah yang Dilakukan Pemerintah Daerah
Pemerintah daerah melakukan berbagai langkah antara lain:
• menyediakan dana dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah)
• mengadakan kerjasama dengan operator yang telah ditunjuk pemerintah pusat untuk membangun infrastruktur ICT
• mengadakan kerjasama dengan pihak operator untuk mengadakan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat. Penyuluhan dimaksudkan agar masyarakat mengetahui dan memahami peranan intrenet, sedangkan pelatihan dimaksudkan agar masyarakat dapat mengoperasikan internet sendiri.
2.2.3 Langkah-Langkah yang Dilakukan Operator
Operator melakukan berbagai langkah antara lain:
• menyediakan sarana dan prasarana untuk pengadaan internet
• menentukan tempat yang tepat untuk membangun tower
• memasang jaringan internet ke daerah pedasaan
• memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat tentang internet dan penggunaannya.
Secara garis besar mekanisme pengadaan intenet adalah pemerintah pusat dan pemerintah daerah bekerja sama dengan operator untuk pengadaan internet.Pihak pemerintah daerah akan menyediakan sarana seperti alat transportasi dan komputer. Pengadaan internet ini mengambil dana dari APBD sehingga masyarakat yang akan menggunakan fasilitas internet tidak perlu khawatir akan biaya yang mahal.

2.3 Kendala-Kendala yang Dihadapi dalam Upaya Memperluas Jaringan Internet ke Daerah Pedesaan Beserta Solusinya
2.3.1 Kendala-Kendala yang Dihadapi
Perluasan internet ke daerah pedesaan bukanlah hal yang mudah, ada beberapa hal yang menjadi kendala seperti SDM yang rendah, wilayah yang sulit dijangkau, serta biaya yang harus dikeluarkan.
Tidak bisa dipungkiri bahwa sumber daya manusia masih rendah, masih banyak orang di pedesaan yang tidak tahu apa itu komputer, tidak pernah mengoperasikannya, bahkan yang paling parah tidak pernah melihat komputer. Lantas, jika mengoperasikan komputer saja tidak bisa, bagaimana bisa menggunakan internet?
Indonesia memiliki tampilan goegrafis yang beragam. Kesulitan akan dihadapi saat berhadapan dengan wilayah geografis yang terjal, dalam artian masih sulit dijangkau dengan alat transportasi umum seperti mobil dan sepeda motor. Padahal untuk perluasan jaringan internet perlu diadakan pembangunan tower.
Daerah di Indonesia yang belum tersentuh oleh teknologi maju seperti internet sangatlah banyak. ini berarti penyebaran internet ke daerah pedesaan akan memakan biaya yang sangat besar baik bagi negara maupun bagi penduduk sendiri.
2.3.2 Solusi
Menanggapi kendala-kendala tersebut, maka pemerintah daerah bekerjasama dengan operator untuk mengadakan suatu penyuluhan dan pelatihan bagi masyarakat di daerah pedesaan untuk memperkenalkan mereka pada komputer dan internet. Operator perlu mencari lahan yang mudah dijangkau untuk membangun tower. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat mengadakan kerja sama dengan para operator internet sehingga biaya yang harus dikeluarkan masyarakat untuk mendukung upaya ini menjadi lebih ringan.


BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Internet perlu diperluas ke daerah pedesaan karena internet menawarkan berbagai keunggulan terutama dalam hal kemudahan dan kecepatan mendapatkan informasi. Perluasan internet ke daerah-daerah pedesaan perlu kerjasama antara pemerintah pusat, operator, dan juga pemerintah daerah. Dalam pengadaannya ada beberapa kendala seperti SDM yang rendah, wilayah geografis yang tidak rata, dan biaya yang mahal. Untuk mengatasi kendala tersebut, perlu diadakan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat, pemilihan wilayah yang tidak terjal untuk membangun tower, dan pengadaan kerjasama dengan perusahaan ICT dalam menekan biaya.


DAFTAR RUJUKAN

Pramono, Sidik. 2008. Pemerintah Targetkan Akhir 2008 Semua Wilayah Masuk Dalam Jaringan ICT, (online), (http://www.mediaindonesia.com/Web-FPMIPA-UPI, diakses 22 November 2009).
Tomlinson, Roy. 2009. Sejarah Internet, (online), (http://KumpulBlogger.com/Sejarah-Internet, diakses 22 November 2009).

3 komentar

Jasa SEO mengatakan...

This blog is really great. The information here will surely be of some help to me.

Master Seo mengatakan...

This is world class. Top notch stuff from the writer. The information here is just incredible. Not a thing is out of topic here. A enjoyable article.

Unknown mengatakan...

Tdk membantu

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Me, at


Universitas Negeri Malang

Wind...

"terbiasa untuk saling memberi sapa hangat kala mata terlelap...terbiasa untuk saling memberi sapa semangat kala mata terbuka".
- Rindu -

Me Writing at

Tick - Tack

Wanna Join Me?

Say Some Words...

Template Oleh seo