Selamat membaca
HEATSINK
semoga bermanfaat

About Sand

Bahagia menjadi butiran pasir. Kumpulannya bisa menjadi hamparan pasir nan elok. Memancarkan kerlap-kerlip kala matahari menyapanya. Berenang dengan lihai kala air laut menyentuhnya.

Particle

HEATSINK

HEATSINK

Heatsink merupakan piranti PC yang bekerja sebagai penyerap panas (mendinginkan komputer). Pendinginan dalam komputer itu sendiri bisa berupa heatsink fan, heatpipe, watercooling. Baik bahan, model, maupun ukuran heatsink bermacam-macam. Bahan-bahan yang biasa digunakan adalah aluminium, tembaga, dan bahan silver.
Heatsink berfungsi untuk membantu proses pendinginan pada sebuah prosesor. Secara teknik: semakin luas permukaan perpindahan panas sebuah benda maka akan semakin cepat proses pendinginannya. Jadi fungsi sebenarnya heatsink adalah memperluas daerah perpindahan panas dari sebuah piranti penghasil panas (CPU, NB, SB, Memori, dll) sehingga proses pembuangan panas akan lebih cepat dan piranti penghasil panas tersebut akan cepat dingin pula.



Untuk memperluas permukaan perpindahan panas, tekniknya adalah membuat sirip-sirip yang ada di atas atau disamping dari heatsink, sehingga dengan ukuran luas penampang yang sama akan menghasilkan luas perpindahan panas yang besar. Tebal tipis sirip juga berpengaruh, semakin tebal sirip maka panas akan semakin lama menjalar ke seluruh bagian heatsink. Bentuk Fin (sirip) sebaiknya yang berupa irisan langsung dari dasar HS.
FAN (kipas) sebagai penujang heatsink. Setelah luas permukaan perpindahan panas menjadi lebih besar, kipas yang dipasang di bagian tertentu dari heatsink (entah di atas maupun di samping) akan bekerja. Heatsink yang dipasang kipas disebut heatsink aktif dan biasanya di pasang di CPU, prosesor. Sedangkan heatsink pasif tidak ada kipas di dalamnya dan biasa dipasang di memori penyimpanan. Untuk membantu proses pembuangan panasnya digunakan fan-fan yang dipasang pada komputer.
Cara kerja heatsink: heatsink akan bekerja selama proses penghasilan panas pada komputer bekerja, jika tidak heatsink pun tidak akan bekerja. Misalnya heatsink menerima panas dari prosesor, lalu panas tersebut akan menyebar ke seluruh bagian heatsink, dan melalui sirip-sirip tadi panas yang telah menyebar tadi akan dibuang (yang berfungsi membuang panas adalah fan). Fan akan menyemburkan udara ke seluruh bagian heatsink dan membuang panas yang ada pada sirip-sirip tersebut.

-By: Ien-

1 komentar

bagus mengatakan...

Forbes bahasa Indonesia -> Majalah Forbes
Berita Indonesia -> Ina News
Yang lagi Viral -> Liputan Viral
Berita lagi ganss -> Rekan Bola


Berita dan ilmu Bitcoin -> Blog Fastcoin99
Jual Cepat Bitcoin mu di-> Fastcoin99

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Me, at


Universitas Negeri Malang

Wind...

"terbiasa untuk saling memberi sapa hangat kala mata terlelap...terbiasa untuk saling memberi sapa semangat kala mata terbuka".
- Rindu -

Me Writing at

Tick - Tack

Wanna Join Me?

Say Some Words...

Template Oleh seo